Sabtu, 14 April 2012

PENYULUHAN KESEHATAN


1.        Arti penyuluhan kesehatan?
Arti penyuluhan kesehatan adalah suatu proses mendidik individu atau masyarakat supaya mereka dapat memecahkan masalah-masalah kesehatan yang dihadapi. Seperti halnya proses pendidikan yang lainnya, pendidikan kesehatan memiliki unsur masukan-masukan yang telah diolah dengan teknik-teknik tertentu akan menghasilkan keluaran yang sesuai dengan harapan atau tujuan kegiatan tersebut. Tidak dapat disangkal, pendidikan bukanlah satu-satunya cara mengubah perilaku, tetapi pendidikan juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam perubahan pengetahuan setiap individu.
Sumber     : Sarwono, 2004

2.        Hubungan antara metode penyuluhan dengan keefektifan penyuluhan?
Menurut Van Deb Ban dan Hawkins yang dikutip oleh Lucie (2005), pilihan seorang agen penyuluhan terhadap suatu metode atau teknik penyuluhan sangat tergantung pada tujuan khusus yang ingin dicapai.

3.        Bagaimana agar perubahan perilakunya bertahan lama?
Secara umum ada beberapa faktor atau kekuatan yang mempengaruhi proses perubahan keadaan yang disebabkan karena penyuluhan, di antaranya sebagai berikut (Lucie, 2005) :
a.      Keadaan pribadi sasaran
b.      Keadaan lingkungan fisik
c.       Keadaan sosial dan budaya masyarakat
d.      Keadaan dan Macam Aktivitas Kelembagaan yang Tersedia dan Menunjang Kegiatan Penyuluhan

4.        Mengapa proses pendidikan komunikasi dalam keluarga lebih efektif untuk mengubah perilaku masyarakat?
keluarga dan masyarakat selalu saling mempengaruhi, maka perubahan nilai yang berlangsung dalam masyarakat akan mempengaruhi perilaku anggota keluarga. Sebaliknya anggota keluarga juga akan secara aktif mempengaruhi berlangsungnya berbagai perubahan nilai dalarn masyarakat, karena keluarga sebagai pusat penerus nilai akan dituntut untuk selain meneruskan nilai-nilai lama yang perlu dilestarikan, juga aktif memperkenalkan nilai-nilai baru yang dianggap baik.
Sumber     : Sadli, Saparinah. 1998. Peranan Keluarga dalam Proses Modernisasi dan Pelestarian Nilai-nilai Budaya. Bogor : IPB Darmaga

5.        Arti pendidikan komunikasi dalam masyarakat dan keluarga kaitannya dalam upaya mengubah perilaku kesehatan?
Menurut Smith (1966), komunikasi manusia adalah satu rangkaian proses yg halus yg digunakan manusia untuk berinteraksi, mengawal antara satu sama lain dan memperolehi kefahaman.
Manusia juga berkomunikasi kerana hendak memahami segala kejadian dan peristiwa yang berlaku di sekelilingnya. Sebahagian daripada peristiwa itu berlaku ke atas diri mereka sendiri, manakala sebahagian lagi berlaku ke atas orang lain. Dengan berkomunikasi, diharapkan mereka akan lebih memahami alam sekeliling dan kehidupan ini (Abdullah Hassan, 2004).

6.        Siapa saja yang berhak menerima penyuluhan?
Penyuluhan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sasaran penyuluhan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas gizi dan kader tentang pemberian dan manfaat tablet zat besi. Kegiatan ini mengacu kepada perencanaan yang telah ditentukan (Sayoga, 2003).

0 komen:

Posting Komentar