Sabtu, 14 April 2012

RCT

STEP 1
EBM : suatu sistem atau cara untuk menyaring semua data dan informasi dalam bidang kesehatan untuk mendapatkan suatu kebenaran (hani)
Suatu proses pemanfaatan bukti mutahir yang sahih dalam tata laksana pengobatan pasien (friska)
Proses yang digunakan secara sistematik untuk menemukan, menelaah dan memanfaatan hasil studi sebagai dasar pengambilan keputusan klinik yang merupakn perpaduan antara bukti2 ilmiah yang terpercaya keahlian klinis dan nilai2 yang ada di masyarakat. (Dewi)
PICO
Problem/patient, intervention, comparision,outcome (joko)
Campur tangan yang berlebihan dari pasien terhadap perbandingan hasil medis (tatag)
Suatu langkah untuk meyusun pertanyaan klinis yang bertujuan untuk melakukan kajian EBM (nisa)

Critical appraisal
Alat bantu yang digunakan untuk menganalisa dan menyeleksi suatu penelitian untuk menghasilkan penemuan yang berkualitas (mia)
Proses sistematis menilai dan menafsirkan studi penelitian (marina)
Proses yang sistematis untuk menilai bentuk penelitian tentang validitasnya, hasilnya dan hubungan dengan yang lainnya sebelum digunakan untuk membentuk sebuah pernyataan (joni)
RCT
Suatu metodologi untuk mengevaluasi kebenaran riset dalam ilmu pengobatan klinik dan menerapkan hasilnya kepada pasien (ami)
Pemanfaatan bukti ilmiah yang benar dalam proses penyembuhan penyakit (dana)
Sebuah studi dimana orang dialokasikan secara acak untuk menerima salah satu dari beberapa intervensi klinis (standar perbandingan/kontrol) (hani)

Prognosis
Istilah medis untuk menggambarkan kemungkinan akibat dari suatu penyakit yang didasarkan pada pengalaman empiris dan perkiraan terbaik dokter yang dipandu oleh pengalamanya dalam menangani suatu penyakit (dewi)
Suatu proses preediksi adanya kemungkinan akibat dari penyakit pada pasien (friska)
Dugaan2 perjalanan penyakit pada pasien apakah akan membaik atau memburuk (Nisa)
Rujukan
Suatu sumber belajar yang dapat dipercaya dan dijadikan referensi (MIA)
Sesuatu yang digunakan untuk memberi informasi untuk menyokong atau memperkuat suatu pernyataan dengan tegas (Amel)
Valid
Dapat dipercaya sebagai sumber belajar (dewi)
Tepat dan akurat (joni)
Dapat dipertanggung jawabkan (hani)
Blind
Suatu desain penelitian untuk menghindari subjektivitas yang dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu : single blind(subjek tidak mengetahui jenis perlakuan sedangkan peneliti mengetahui) dan doble blind(subjek dan peneliti tidak mengetahui perlakuan). (dewi)
STEP 2
EBM
1. Apa tujuan EBM ? (ami)
2. Apa kelebihan dan kelemahan EBM ?(dana)
3. Sebutkan langkah2 melakukan EBM ? (amel)
4. Bagaimana penerapan EBM ? (Joni)
5. Manfaat EBM ? (tatag)
6. Apa pengaruh EBM terhadap masyarakat ? (nisa)
7. Apa definisi EBM ? (hani)
8. Apa kendala meakukan EBM ? (mia)
9. Apa tujuan dari CA ? (friska)
10. Bagaimana langkah mengkaji sumber informasi dengan CA ? (dewi)
11. Apa kelebihan dan kelemahan CA ? (ami)
12. Apa manfaat dari CA ? (hani)
13. Apakah keuntungan dan kerugian dari desain penelitian RCT ? (joko)
14. Apakah pengaruh CA dalam dunia kedokteran ? (dana)
15. Apakah hubungan IT , critical thinking, CA dan EBM ? (amel)
16. Ciri2 orang yang melakukan CA ? (tatag)
17. Apa saja kendala melakukan CA? (dewi)
18. Mengapa CA perlu diterpkan oleh mahasiswa FK ? (JONI)
19. Bagaimana cara mengembangkan CA ? (mia)
20. Pertanyaan apa saja yang dilakukan dalam CA ?
21. Jelaskan tentang PICO ? (nisa)
22. Apa manfaat PICO ? (friska)
23. Tujuan PICO ? (hani)
24. Bagaimana langkah2 melakukan PICO ? (mia)
25. Metode apalagi yang bisa diterapkan selain RCT ? (nisa)
26. Apa tujuan RCT ? (joni)
27. Apa definisi dari RCT ? (dana)
28. Apa manfaat RCT ? (friska)


Step 3
29. Apa tujuan EBM ? (ami)
1. Menemukan bukti yang terbaik
2. Memperoleh penilaian yang kritis
3. Menemukan dan menilai bukti tersebut
4. Membantu proses pengambilan keputusan klinik, baik untuk kepentingan pencegahan, diagnosis, terapetik,maupun rehabilitatif yang didasarkan pada bukti2 ilmiah terkini yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan (joni)
5. Menjadikan dokter memiliki informasi yang mutakirdan valid dalam penatalaksanaan pasien (hani)
6. Untuk menentukan pengobatan yang efektif pada pasien
7. Meningkatkan keahlian dokter dalam uji klinik pasien (amel)
30. Apa kelebihan dan kelemahan EBM ?(dana)
Kelebihan
Diperoleh diagnosis, terapi, prognosis yang tepat berdasarkan bukti yang valid.(ami)
EBM merupakan sirkulus yang diawali dari masalah pasien dan berakhir pada keuntungan pasien, integrasi kompetensi profesional seorang dokter dengan bukti dari penelitian yang sahih dan preferensi/nilai-nilai yang dapat dinilai pasien (marina)

Kelemahan
Membutuhkan proses dan wktu yang lama (ami)
31. Sebutkan langkah2 melakukan EBM ? (amel)
1. Mengidentifikasi dan memformulasikan masalah dalam pertanyaan ilmiah
2. Penelusuran informasi ilmiah untuk mencari bukti
3. Penelaahan terhadap bukti ilmiah yang ada
4. Penerapan hasil penelaahan kedalam praktik
5. Evaluasi (hanI)
6. Menentukan pertanyaan klinis
7. Menyesuaikan bukti dengan CA
8. Penyampaikan bukti kepada pasien (friska)
32. Bagaimana penerapan EBM ? (Joni)
Mengintegrasikan pengalaman klinis yang sudah dimiliki dengan bukti2 ilmiah yang berasal dari studi terpercaya dalam pembuatan keputusan terkait dengan masalah pasien (dewi)
33. Manfaat EBM ? (tatag)
Dapat melakukan diagnosis dan terapi yang tepat untuk pasien nya
Dapat melakukan kajian kritis terhadap bukti2 yang didapat
Dapat meng up-date ilmu2 yang dimiliki (nisa)

Menambah kemampuan kita dalam menganalisis suatu informasi
Menawarkan kepastian dan objektivisme untuk menentukan dan mempertahankan kualiatas yang tinggi secara konsisten dan standart keselamatan dalam praktik medik (amel)
34. Apa pengaruh EBM terhadap masyarakat ? (nisa)
Dengan penerapan EBM masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas karena seorang dokter yang menerapkan EBM diharapkan dapat menentukan keputusan klinis dan terapi yang akurat dengan mengintegrasikan pengalaman klinisnya dengan bukti2 ilmiah yang terpercaya (dewi)

Dengan begitu masyarakat akan percaya terhadap keakuratan medis (mia)
35. Apa definisi EBM ? (hani)
Cara/suatu teknik untuk membantu dokter dalam membuat keputusan saat merawat pasien dengan kebutuhan pasien dan keahlian klinis dokter berdasarkan bukti2 ilmiah (joni)
36. Apa kendala meakukan EBM ? (mia)
1. Kurangnya akses terhadap bukti ilmiah
2. Kurangnya pengetahuan untuk menelaah kritis dan metodologi penelitian
3. Tidak adanya dukungan organisasi
4. Tidak adanya dukungan dari kolega (marina)
37. Apa tujuan dari CA ? (friska)
Mengetahui kevalidan suatu informasi
Untuk mengembangkan pola berpikir kritis
Untuk mengetahui proses penanganan terhadap pasien secara tepat dan baik (dana)
38. Bagaimana langkah mengkaji sumber informasi dengan CA ? (dewi)

39. Apa kelebihan dan kelemahan CA ? (ami)

Kelebihan
Dapat memacu kita untuk selalu berpikir kritis
Menimbulkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk memecahkan suatu masalah
Memacu untuk selalu meng up-date pengetahuan
Membuat kita teliti dalam mengambil suatu sumber sehingga dapat membuat keputusan yang akurat

Kekurangan
Memrlukan waktu yang lebih lama untuk mengambil suatu keputusan (dewi)
40. Apa manfaat dari CA ? (hani)
41. Apakah keuntungan dan kerugian dari desain penelitian RCT ? (joko)
42. Apakah pengaruh CA dalam dunia kedokteran ? (dana)
43. Apakah hubungan CA dengan EBM ? (amel)
44. Ciri2 orang yang melakukan CA ? (tatag)
45. Apa saja kendala melakukan CA? (dewi)
46. Mengapa CA perlu diterpkan oleh mahasiswa FK ? (JONI)
47. Bagaimana cara mengembangkan CA ? (mia)
48. Pertanyaan apa saja yang dilakukan dalam CA ?
49. Jelaskan tentang PICO ? (nisa)
50. Apa manfaat PICO ? (friska)
51. Tujuan PICO ? (hani)
52. Bagaimana langkah2 melakukan PICO ? (mia)
53. Metode apalagi yang bisa diterapkan selain RCT ? (nisa)
54. Apa tujuan RCT ? (joni)
55. Apa definisi dari RCT ? (dana)
56. Apa manfaat RCT ? (friska)

STEP 6

EBM
1. Apa tujuan EBM ? (ami)
Membantu proses pengambilan keputusan klinik, baik untuk kepentingan pencegahan, diagnosis, terapetik, maupun rehabilitasi yang didasarkan pada bukti-bukti ilmiah terkini yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Sumber: http://cut-maulida.blogspot.com/2009/04/evidance-based-medicine-ebm-latar.html
2. Apa kelebihan dan kelemahan EBM ?(dana)

3. Sebutkan langkah2 melakukan EBM ? (amel)
I. Memformulasikan pertanyaan ilmiah yang berkaitan dengan masalah penyakit yang diderita oleh pasien
II. Penelusuran informasi ilmiah (evidence)yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi
III. Penelaahan terhadap bukti-bukti ilmiah kedalam praktek pengambilan keputusan
Sumber: http://cut-maulida.blogspot.com/2009/04/evidance-based-medicine-ebm-latar.html

Langkah langkah EBM :
1. Identifikasi dan Memformulasikan masalah dalam pertanyaan ilmiah
2. Penulusuran informasi ilmiah untuk mencari evidence atau bukti
3. Penelaahan terhadap bukti ilmiah yang ada
4. Penerapan hasil penelaahan kedalam praktik
5. Evaluasi
Sumber: http://drganjoz.blogspot.com/2010/10/lbm-4-blok-1-critical-appraisal.html

4. Pengaruh EBM terhadap pasien?

5. Manfaat EBM ?
Manfaat :
• menambah kemampuan kita dalam menganalisis suatu informasi
• Menawarkan paling pasti dan paling objektif untuk menentukan dan mempertahankan kualitas tinggi scr konsisten dan standar keselamatan dalam praktik medik
Sumber: http://drganjoz.blogspot.com/2010/10/lbm-4-blok-1-critical-appraisal.html
(


6. Apa pengaruh EBM terhadap masyarakat ?


7. Apa definisi EBM ?
EBM merupakan suatu pendekatan ilmiah yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan klinik.
EBM = suatu pendekatan medik yang didasarkan pada bukti-bukti ilmiah terkini utk kepentingan pelayanan kesehatan penderita (Seckett et al, 1996)

EBM merupakan pemanfaatan bukti mutakhir yang sahih dalam tata laksana pasien. Dari definisi tersebut tergambar bahwa dalam tata laksana pasien (termasuk di dalamnya tercakup aspek pengalaman, profisiensi, intuisi dan judgement) diperlukan pemanfaatan “bukti” yang dihasilkan oleh banyak penelitian yang sistematis dan sahih. “Selain itu praktek EBM tidak lepas dari preferensi pasien dan aplikabilitasnya,” tutur Sudigdo.
Narasumber: Prof DR Dr Sudigdo Sastroasmoro SpA(K), dari Subbagian Kardiologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak, FKUI Jakarta,

8. Apa kendala meakukan EBM ?
 kendala :
• kurangnya pengetahuan
• kurangnya fasilitas
• kurangnya rasa ingin tahu
• kurangnya kemampuan untuk melakukan kajian secara kritis thd suatu masalah
(sumber : Iwan Darmansjah Pusat Uji KLinik Obat, FKUI )



CA
9. Apa tujuan dari Critical Appraisal ?
Tujuan :
• untuk mengevaluasi dan menganalisis suatu penelitian agar mendapatkan bukti yang valid
• Untuk membantu orang mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk memahami bukti ilmiah
Sumber: http://drganjoz.blogspot.com/2010/10/lbm-4-blok-1-critical-appraisal.html

Berhubungan dengan tujuan kegiatan yang di periksa serta tempatnya tahapanya dan sebagainya ada berapa pertanyaan yang harus dipikirkan dan dijawab.
Sumber: KULPAK

10. Bagaimana langkah mengkaji sumber informasi dengan CA ?
langkah langkah CA :
• Membaca/ mencari informasi
• mengidentifikasi bacaan [ Hasil penelitian dalam jurnal ]
• mengevaluasi mutu bacaan
• menyusun critical review dan melakukan RCT

Langkah Melakukan CA:
• Menyiapkan sesi analisis kritis
• Mengidentifikasi proses yang perlu diperbaiki
Sumber : KULPAK

11. Apa kelebihan dan kelemahan CA ?
Kelebihan
• Merupakan metode yang sistematis untuk menilai hasil, validitas dan kegunaan dari publikasi artikel ilmiah.
• Jalan untuk mengurangi jurang antara riset dengan praktis.
• Mendorong penilaian objektif tentang kegunaan sebuah informasi ilmiah.
• Critikal Appraisal merupakan keterampilan yang tidak sulit dikuasai dan dikembangkan.
Kekurangan
• Membutuhkan banyak waktu terutama pada awal.
• Tidak selalu memberikan jawaban yang mudah
• Mengurangi semangat, terutama bila akses terhadap hasil penelitian yang baik pada bidang tertentu sangat terbatas.
Sumber: (Joko Mulyanto, Departement of Public Health & Community Medicine Jendral Soedirman University School)

Dampak positif CA
• Tidak mudah terpengaruh
• Tidak membedakan baik dengan yang salah
• Dapat mengambil keputusan yang akurat
Dampak Negatif CA
• Terlalu lama mengkaji dan memutuskan suatu informasi
Sumber: KULPAK

12. Apa manfaat dari CA ?
• Meningkatkan daya analisis kritis
• Menentukan alternatif yang lebih baik
• Memunculkan banyak pertanyaan yang baru
• Informasi yang diproleh lebih detail dan lebih paham
• Memperoleh kebenaran darisuatu informasi
Sumber: KULPAK Critical Appraisal

13. Apakah keuntungan dan kerugian dari desain penelitian RCT ?
Kelebihan
Dapat
Random RCT merupakan cara terbaik menunjukkan
Kekurangan
RCT tanpa sarana memadai tidak dapat maksimal.
RCT sering kompleks maka susah dalam pelaksanaannya.
(Hani)

14. Apakah pengaruh CA dalam dunia kedokteran ?
Dapat mengacu untuk selalu apdet informasi
Tahu ilmu apa saja yang perlu di updet
Dapat memilih dan menganalisis literatur kedokteran
Menimbulkan sikap percaya diri dalam bidang kedokteran
(Dewi)

15. Apakah hubungan IT , critical thinking, CA dan EBM ?
CA merupakan suatu bagian dari langkah2 EBM.

16. Ciri2 orang yang melakukan CA ?
 Ciri-ciri orang yang melakukan CA
• selektif dalam memilih informasi
• selalu menelaah dan merevisi hasil kerja orang lain agar menjadi lebih baik
• tidak tergesa-gesa dalam menilai suatu informasi
• tidak pernah puas untuk memperluas ilmu.
(sumber : http://xa.yimg.com/kq/groups/3372785/1100001676/name/Memilih_EBP.pdf)


17. Apa saja kendala melakukan CA?
a. memakan banyak waktu
b. CA tidak selalu memberikan jawaban yang mudah
c. Ca dapat membuat keputusasaan jika CA menonjolkan kekurangan dari bukti2 yang baik
d. Kurangnya program penelitian
e. Sering menimbulkan rasa bosan.
(Sumber : Alison Hill, Claire Spitlehouse, Institute Of Heal Sciences Oxford, FKUNAIR)

18. Mengapa CA perlu diterpkan oleh mahasiswa FK ?
Karena informasi dalam FK tidak selalu valid. Maka CA diterapkan untuk menguji informasi itu valid atau tidak.

19. Bagaimana cara mengembangkan CA ?
 Cara pengembangan
• dengan mengikuti perkembangan iptek
• memahami informasi sedalam-dalamnya
• selalu melakukan uji klinis
• sering membaca literatur
• mengikuti seminar-seminar
sumber :
http://drganjoz.blogspot.com/2010/10/lbm-4-blok-1-critical-appraisal.html

20. Pertanyaan apa saja yang dilakukan dalam CA ?


PICO
21. Jelaskan tentang PICO ?

22. Tujuan PICO ?
Diharapkan menentukan diagnosis dengan tepat.
Mengurangi bias atau kesalahan.
23. Bagaimana langkah2 melakukan PICO ?
-
24. Metode apalagi yang bisa diterapkan selain RCT ?

RCT
25. Apa tujuan RCT ?

26. Apa definisi dari RCT ?
Suatu proses untuk menentukan dan menliai efektifitas dari suatu obat yang dilakukan dengan cara acak dari percobaan tersebut
Sumber: KULPAK

27. Apa manfaat RCT ?
Bila dalam jumlah besar.
Bisa meminimalkan kesalahan.

Langkah-langkah RCT
– inform concent (persetujuan setelah mendapatkan penjelasan)
– etical clearens
– penelitian
• Tentukan luas populasi penelitian yang akan dilakukan
• Tentukan sifat atau kualitas populasi
• Tentukan sumber informasi tentang populasi
• Tentukan batasan sampel serta karakteristik yang ingin diteliti yang terdapat didalam sampel
• Tentukan besarnya sample dengan rumus-rumus yang sesuai
• Tentukan teknik sampling yang sesuai

RCT dibagi menjadi 3:
• Single blind yaitu yang di uji tidak tahu
• Double blind yaitu yang di uji dan pelaksana yang tidak tahu
• Triple blind yaitu yang di uji,pelaksana dan juga peneliti yang tidak tahu

0 komen:

Posting Komentar