Jumat, 09 September 2011

Sistem Pembelajaran di Universitasku

Bagi temen-temen yang baru masuk universitas, ada beberapa pembaharuan metode belajar dari SMA ke Perguruan Tinggi. Disini, di Universitasku, menerapkan kurikulum PBL (Problem Based Learning) yaitu pembelajaran yang berfokus pada suatu kasus sebagai bahan mentahnya kemudian melalui metode seven step jump atau tujuh langkah kasus tersebut didiskusikan bersama oleh 12 orang mahasiswa dimana ada yang menjabat sebagai ketua, sekretaris, kemudian anggota. Ada satu tutor yang membimbing agar diskusi tetap pada tempatnya. Disiplin dan terarah.
Pelaksanaannya sebagai berikut:
Ketua yang bertugas memimpin rapat mengajak doa bersama dahulu, kemudian salah satu dari anggota membacakan kasus. Nah, disini seven step jump dimulai.
#1 cari kata-kata sulit yang tidak dimengerti pada kasus tersebut dan biarkan sekretaris mencatatnya satu persatu dari anggota. Setelah terkumpul kata-kata sulit yang ada, baru boleh lanjut ke tahap selanjutnya.
#2 ajukan pertanyaan yang TIDAK melenceng dari kata utama (pokok bahasan) sehingga kasus tersebut menjadi sedikit demi sedikit terungkap.
#3 jawablah pertanyaan yang diajukan oleh teman kamu ataupun anda sendiri yang menjawab pertanyaan kamu. Meskipun berpendapat sedikit tidak apa-apa karena semua itu akan masuk dalam nilai harian kamu. Nabung nilai maksudnyaa. . hehe
#4 Ketua memberikan kesimpulan sementara, atas apa perkembangan dari kasus yang diperoleh saat itu.
#5 Ketua menentukan apa saja learning issue atau bahan yang masih belum bisa dipecahkan oleh knowledge (ilmu yang dimiliki) para anggotanya.
#6 Learning issue tersebut harus dipelajari secara mandiri dirumah dan dicari dari sumber-sumber yang jelas. Untuk kemudian didiskusikan kembali di step 7 dua hari berikutnya.
#7 mendiskusikan hasil akhir dari data-data yang telah diperoleh untuk kemudian ditarik kesimpulan akhirnya.

Kalo boleh jujur sih, aku belum terbiasa sama yang soal diskusi-diskusi kayak gini. Aku paling lemah kalo suruh diskusi. Takut kalo pendapatku di anggap salah. :(

Tapi. .  kalo ga aktif  gitu mau dapet nilai dari mana aku?? Ortu ku udah biaya'in banyak. .  Masa' aku gentar cuma hal beginian. . Ah, cuek saja lah. .  Ayo, ayo. . Belum kebiasaan mungkin. .  :D
Aku ingin buat mereka bangga dengan nilai A. Semoga saja bisa, ya Allah.  . Berikan kemudahan-Mu. .  Aamiin. .  n_n

0 komen:

Posting Komentar