Sabtu, 14 April 2012

sumber belajar

STEP 1
Ensiklopedia :
Suatu wadah yang didalamnya berisi ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat luas untuk mencari informasi mengenai ilmu pengetahuan (Joni)
Sejumlah tulisan yang berisi penjelasan mengenai suatu hal yang didalamnya terdapat informasi yang tersimpan secara komprehensif (dewi)
Suatu buku yang berisi uraian ringkas tentang berbagai hal dari ilmu pengetahuan yang di lengkapi gambar dan biasanya di susun berdasarkan abjad (Amel)
Learning resources :
Suatu reverensi untuk acuan dalam memecahkan suatu permasalahan dalam suatu pembelajaran (Tatag)
Suatu sarana belajar bisa berupa video, suara maupun tulisan yang bisa di gunakan sebagai referensi belajar (Mia)
Jurnal-jurnal :
Suatu terbitan berkala yang berbentuk buku yang berisi bahan yang sangat di minati orang (Joko)
Salah satu sumber belajar yang memuat suatu informasi pengetahuan yang biasanya berasal dari pakar/ahli sehingga bisa di percaya sebagai sumber belajar yang baik (Friska)
Jurnal dapat berbentuk :
1. Buku catatan harian
2. Buku yang di pakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu
3. Majalah yang khusus memuat artikel di suatu bidang ilmu tertentu (Ami)
Mengarsip sumber belajar :
Mengumpulkan sumber-sumber belajar (Hani)
Menyimpan catatan dan data hasil dari sumber belajar (Dewi)
Data-data yang dikumpulkan menjadi 1catatan yang disimpan sebagai sumber belajar (Marina)
Buku teks :
Suatu kumpulan informasi mengenai suatu hal dalam bentuk tulisan yang di bukukan (Dana)
Sumber pustaka yang di tulis seseorang ahli dalam bidangnya yang berupa buku (Nisa)

STEP 2
1. Bagaimana cara yang efektif dalam mencari sumber belajar ? (Joni)
2. Untuk menyikapi sumber informasi yang begitu banyak, bagaimana kita memilih sumber yang lebih dulu untuk di jadikan bahan learning issue? (Joko)
3. Apa keuntungan dan kelemahan merujuk sumber informasi dari internet? (Tatag)
4. Apa saja wujud dari self directed learning selain yang di sebutkan pada teks tersebut? (Friska)
5. Apa kekurangan dan kelebihan SGD? (Dana)
6. Apa saja hambatan dalam pencarian sumber belajar? (Amel)
7. Sebutkan macam-macam sumber belajar? (Hani)
8. Kenapa harus dilakukan pemilihan terhadap sumber belajar? (Nisa)
9. Apa manfaat jurnal bagi mahasiswa? (Ami)
10. Bagaimana cara mengolah sumber belajar yang beragam dengan cepat dan tepat? (Dewi)
11. Bagaimana karakteristik sumber belajar yang layak digunakan? (Marina)
12. Bolehkah kita bertanya kepada ahlinya tanpa harus belajar dari jurnal ataunsumber belajar yang lain? (Mia)
13. Bagaimana cara memilih buku di perpustakaan?
14. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di internet?
15. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di teks book?
16. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di jurnal?
17. Bagaimana cara mengarsip?


STEP 3


1. Bagaimana cara yang efektif dalam mencari sumber belajar? (Joni)
A. Menentukan tujuan yang akan di pelajari
B. Memilih sumber belajar berupa teksbook, video maupun jurnal
C. Membandingkan terlebih dahulu (Mia)
Menyesuaikan materi yang ingin kita cari dengan sumber belajar, bila sumber dari buku mengetahui buku tersebut memiliki relefansi dengan materi yang ingin kita cari dengan melihat judul, daftar isi dan pendahuluan. Jika jurnal kita dapat membaca abstraknya terlebih dahulu (Dewi)
2. Untuk menyikapi sumber informasi yang begitu banyak, bagaimana kita memilih sumber yang lebih dulu untuk di jadikan bahan learning issue? (Joko)
Dengan cara mengetahui dahulu learning issue yang sedang di hadapi kemudian mencari informasi dimana kita dapat mencari sumber itu. Jika informasi tentang learning issue sudah di peroleh kemudian kita seharusnya mencari sumber informasi dalam sumber yang telah di sebutkan. Dan kalau bisa dalam pencarian sumber dan informasi yang kita peroleh semestinya kita membuat daftar sumber tentang learning issue tersebut. (Joni)
3. Apa keuntungan dan kelemahan merujuk sumber informasi dari internet? (Tatag)
Kelebihan:
1. Mendapatkan sumber belajar yang banyak
2. Mendapatkan informasi yang tepat sasaran
3. Akses cepat dan mudah
Kekurangan :
1. Adanya data yang kurang falid atau kurang terpercaya
2. Adanya kontaminasi virus (Amel)
4. Apa saja wujud dari self directed learning selain yang di sebutkan pada teks tersebut? (Friska)
1. Memiliki motivasi dari dalam diri untuk melaksanakan pembelajaran atau pemecahan masalah.
2. Dapat memberikan penilaian terhadap diri sendiri mengenai proses dan hasil belajar (Dewi)
5. Apa kekurangan dan kelebihan SGD? (Dana)
Kelebihan : Siswa lebih aktif, kreatif dan kritis
Kekurangan : membutuhkan waktu yang lebih untuk melaksanakan diskusi, membutuhkan fasilitas yang lebih, mahasiswa yang pasif sulit mengikuti, Membutuhkan banyak tutor
(Hani)
6. Apa saja hambatan dalam pencarian sumber belajar? (Amel)
1. Kurangnya dana dan prasarana
2. Kurangnya efisiensi waktu
3. Jumlah buku pembelajaran yang terbatas
4. Sifat malas (Dana)
7. Sebutkan macam-macam sumber belajar? (Hani)
Media elektronik, media cetak, buku pelajaran, jurnal-jurnal, artikel, ensiklopedia, pakar atau ahlinya (Friska)
8. Kenapa harus dilakukan pemilihan terhadap sumber belajar? (Nisa)
Kita harus mencari informasi yang benar-benar penting dan di butuhkan untuk mendkung proses pembelajaran (Ami)
1. Tidak semua sumber belajar bisa di percaya atau falid
2. Dengan pemilihan sumber belajar dapat mengefisiensikan tenaga dan waktu
3. Agar dapat menghasilkan jawaban atau penyelesaian yang tepat dan sesuai dengan masalah yang akan di pecahkan (Dewi)
9. Apa manfaat jurnal bagi mahasiswa? (Ami)
Untuk merujuk proses pembelajaran, sebagai sumber belajar dan menambah pengetahuan (Marina)
Mendapatkan data informasi yang terbaru
10. Bagaimana cara mengolah sumber belajar yang beragam dengan cepat dan tepat? (Dewi)
11. Bagaimana karakteristik sumber belajar yang layak digunakan? (Marina)
Harus memperhatikan nama penulis, edisi terbit, tahun terbit dan sesuai dengan masalah (Nisa)
Sesuai dengan tujuan yang ingin di capai (Marina)
12. Bolehkah kita bertanya kepada ahlinya tanpa harus belajar dari jurnal ataunsumber belajar yang lain? (Mia)
13. Bagaimana cara memilih buku di perpustakaan?
14. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di internet?
15. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di teks book?
16. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di jurnal?
17. Bagaimana cara mengarsip?
Sistem penyimpanan arsip:
1. Berdasarkan nomor
2. berdasarkan abjad
3. berdasarkan pokok masalah
4. berdasarkan lokasi atau wilayah
5. berdasarkan tanggal baik terima maupun tanggal di buatnya arsip (Nisa)
ditulis lengkap nama pengarang, tahun terbit, dan edisi judul. Juga menyingkat tulisan 15% dari aslinya (Hani)
STEP 4











STEP 5
10. Bagaimana cara mengolah sumber belajar yang beragam dengan cepat dan tepat? (Dewi)
12. Bolehkah kita bertanya kepada ahlinya tanpa harus belajar dari jurnal ataunsumber belajar yang lain? (Mia)
13. Bagaimana cara memilih buku di perpustakaan?
14. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di internet?
15. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di teks book?
16. Apa yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di jurnal?
STEP 6
10. Cara mengolah sumber belajar yang beragam dengan cepat dan tepat
Media cetak:
- explorasi penjelajahan, yaitu berusaha mencari informasi apa yang sedang kita cari, mendalami
- identifikasi
- elaborasi: pengambilan sumber yang tepat
- konfirmasi dari materi: diskusi atau sharing dengan teman
-
12. Bolehkah kita bertanya kepada ahlinya tanpa harus belajar dari jurnal atau sumber belajar yang lain: -

13. Cara memilih buku di perpustakaan:

Melalui yang biasa disebut 3 Kartu katalog (pokok) yaitu
i. Kartu pengarang: 612 HOO, v.2,e.13 (Hooke Richard Buku pelajaran soal-soal ilmu Faal / Richard Hooke, penterjemah Slamet Hamidun; editor bah.)
ii. Kartu judul: 612 Buku pelajaran soal-soal ilmu Faal (HOO, v.2,e.13 Hooke Richard)
iii. Kartu Subyek: 612.076  FISIOLOGI MANUSIA--SOAL-SOAL (HOO, v.2,e.13 Hooke Richard)
Kartu-kartu katalog ini membantu anda dalam mencari
apa yang anda butuhkan dengan cepat.
Jika yang anda ketahui adalah nama pengarang, maka
carilah di lemari berlaci yang berisi kartu
pengarang. Harus diperhatikan bahwa nama pengarang dalam ilmu
perpustakaan selalu di inversi (dibalik). Umpamanya; pengarang bernama slamet hamidun, maka kartu katalog akan tertulis hamidun slamet ( dulu
pakai komma, sekarang tidak)
(KULPAK Dra. Indrasari)

14. Yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di internet
Sepuluh Tips Untuk Pencarian Informasi Yang Efektif di Internet
Bila Anda sering memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, ada baiknya menerapkan beberapa tips di bawah ini (diadaptasikan dari Hill, Brad, WWW Searching for Dummies 2nd ed. IDG-Books dengan beberapa penyesuaian).
o Gunakan Beberapa “Browser” Sekaligus
o Matikan Option Graphics dan Lihat Gambar Seperlunya
o Jangan Takut Menggunakan Tombol Back
o Loncat! (Cara ini jauh lebih cepat dan lebih tepat karena Anda bisa langsung “loncat” ke halaman yang diinginkan.)
o Ambil Keputusan dengan Cepat!
o Gunakan BookMark!
o Jangan Ragu Untuk Mengulang
o Kategorikan Bookmark Anda
o Malu Bertanya Sesat di Jalan
o Hindari Waktu Sibuk Internet
(www.budinugroho.wordpress.com)


 Teknik yang dipergunakan untuk dapat mencari informasi yang relevan dengan yang dimaksud.
 Ada dua teknik dasar yang biasa dipergunakan untuk mencari sumber belajar di internet melalui search engine, yaitu dengan:
(1) Simbol Matematika
-Menggunakan (+)
Contoh ingin mencari informasi mengenai populasi guru di provinsi Lampung, maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan menggunakan kata kunci: populasi+guru+lampung. Yang dilakukan oleh mesin pencari jika menemukan format semacam ini adalah mencari berbagai sumber dokumen maupun artikel yang ada di seluruh internet dimana di dalamnya terdapat kata “populasi”, “guru”, dan “Lampung”. Jika terdapat sebuah dokumen yang mengandung salah satu atau dua kata yang ada, maka yang bersangkutan tidak akan ditampilkan.
- Menggunakan (-)
Misalnya ingin mencari tahu mengenai riwayat hidup para pahlawan Aceh namun bukan yang bergelar “Teuku”. Maka  nama+pahlawan+aceh-teuku. Dengan format di atas maka search engine yang bersangkutan akan mencari di internet seluruh dokumen yang mengandung teks “nama”, “pahlawan”, dan“Aceh namun tidak terdapat kata “Teuku” di dalamnya.
-Menggunakan (“)
Yang dilakukan oleh tanda kutip adalah memerintahkan search engine untuk mencari dokumen atau informasi yang mengandung teks persis seperti yang ada di dalam tanda kutip terkait: “sejarah proklamasi”. Berdasarkan perintah tersebut, mesin pencari akan mencari seluruh dokumen di internet yang mengandung frase “sejarah proklamasi”. Jika sebuah dokumen hanya mengandung kata “sejarah” atau “proklamasi” saja, maka dokumen tersebut tidak akan ditampilkan.
(2) Simbol Boolean/Spasi
Di beberapa search engine, jika netter menggunakan tanda spasi yang memisahkan antara kata-kata yang ada, maka spasi tersebut dibaca sebagai “atau”. Contoh format pencarian: Contoh soal. Berarti akan menghasilkan daftar dokumen yang didalamnya terdapat kata “contoh”, kata “soal”, atau keduanya.
Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/15/09322373/Memilih.Informasi.Juga.Ada.Caranya

15. Yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di teks book
i. up to date (terkini)
ii. kevalidannya
iii. nama pengarang
iv. abstraksi
v. indeks
vi. daftar isi
(KULPAK Aditya Wibowo, ST)
16. Yang harus diperhatikan ketika memilih sumber belajar di jurnal


0 komen:

Posting Komentar